Home » » Demo UKM Ikatan Pencak Silat Nur Harias 2010

Demo UKM Ikatan Pencak Silat Nur Harias 2010

Written By nur harias malang on Kamis, Agustus 05, 2010 | 11.00



Pengenalan kehidupan perguruan tinggi (PKPT) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan UM untuk menyambut mahasiswa baru. PKPT tahun 2010 ini diikuti oleh 7 fakultas; FIP, FMIPA, FT, FE, FS, FIK, dan FIS. Sekitar 5000 mahasiswa baru UM mengikuti PKPT tahun ini. Suasana yang meriah dan gegap gempita disertai yel-yel dan sorak sorai maba mewarnai upacara pembukaan PKPT yang dibuka oleh Rektor UM. UKM sebagai organisasi mahasiswa intra kampus turut serta memeriahkan penyambutan maba UM melalui kegiatan demo UKM atau atraksi. Demo UKM ini menampilkan sebuah atraksi atau parade sesuai dengan karakteristik masing-masing UKM dengan tujuan menarik minat maba untuk bergabung dengan UKM yang bersangkutan. Ada UKM di bidang penalaran, olahraga, minat khusus, kesenian, kerohanian, beladiri dsb. Di UM terdapat 31 UKM yang aktif. Tidak seperti demo UKM tahun lalu, tahun ini ada perubahan kebijakan dari kemahasiswaan UM. Sebanyak 16 UKM melaksanakan demo UKM atau atraksi di lapangan A2 pada tanggal 3 Agustus, sementara sisanya memilih demo di kelas-kelas (indoor). Tentunya demo UKM yang di lapangan lebih menarik dan menghibur, justru suguhan inilah yang ditunggu-tunggu mahasiswa baru, berbagai macam atraksi yang memukau dan unjuk kebolehan ditampilkan oleh masing-masing UKM.


UKM IPS Nur Harias, sebagai salah satu UKM beladiri pencak silat selalu berpartisipasi aktif dan tidak pernah absen mengikuti demo UKM sebagai rangkaian acara tahunan PKPT. Untuk demo UKM tahun ini, UKM Nur Harias, jauh – jauh hari telah mempersiapkan diri. Sekitar 1 bulan lamanya teman-teman UKM Nur Harias berlatih tanpa kenal bosan dan letih dibawah bimbingan kak Dani, kak Arul, dan mbak Lia yang dengan penuh kesabaran dan keuletan melatih teman –teman UKM Nur Harias. Latihan dimulai awal Juli sampai awal Agustus. Kendala yang dihadapi, utamanya dari kedisiplinan teman-teman UKM, masih banyak teman-teman yang belum kembali ke Malang dan ikut berlatih. Hal ini dapat dimaklumi karena jadwal latihan yang berbarengan dengan musim libur yang panjang pada semester pendek. Tanpa pernah putus asa pengurus berupaya mengajak teman-teman untuk segera kembali dan berlatih. Demo UKM sudah di depan mata. Sekitar pertengahan Juli 2010 hampir semua teman-teman kembali dan berlatih bersama. Beny Hermawan selaku penanggung jawab demo UKM tahun ini selalu memberi arahan bagi teman-teman agar selalu disiplin dalam berlatih. Sie demo dengan koordinator Lina membuat konsep dan rundown acara. Atraksi yang akan ditampilkan hampir sama dengan demo tahun lalu antara lain: Formasi, Drama, NH 12, NH 36, NH Malang, Teknik, dan Jurus NH. Sementara itu sie Open House dengan koordinator Tia, membuat konsep acara open house UKM yang bertujuan untuk menunjukkan profil UKM secara live dan real kepada mahasiswa baru UM.


Setelah latihan hampir 2 minggu berturut-turut dengan penuh semangat dan keuletan akhirnya hari yang ditunggu-tunggu sudah tinggal menunggu hitungan jam saja. Tanggal 3 Agustus 2010 pukul 08.45 WIB, dengan nomor urut 6 UKM IPS Nur Harias akan menampilkan atraksinya. Namun, sehari sebelum penampilan demo, pengurus tak lupa memohon do’a restu dari para senior mulai dari Bu Lis, Pak Eko, Mas Mul, Mas Eko dan senior lainnya. Sekitar 10 menit sebelum penampilan, ketua UKM IPS Nur Harias, Haritsah Alfad mengajak seluruh personel atraksi dan pengurus untuk berkumpul dan memanjatkan doa kepada Illahi demi kelancaran demo UKM. Akhirnya, tepat pukul 08.45 WIB setelah penampilan dari UKM Taekwondo, musik pengiring dengan tema lagu FIFA 2010 mulai berbunyi. Henisa, sebagai pembawa bendera NH bergegas dengan lari-lari kecil memimpin di depan dan diikuti oleh teman-teman personel di belakangnya. Di depan lapangan, Hafiz sudah stand by dengan mikrofon di tangannya. Kali ini Hafiz didaulat menjadi MC, suaranya yang lantang dan kata-katanya yang menarik, makin menambah suasana atraksi demo UKM Nur Harias lebih hidup dan memukau penonton.

Atraksi diawali dengan salam perguruan yang membentuk formasi trisula dan gerakan salam yang menawan. Atraksi pertama menampilkan drama bercerita yang diperankan oleh Tia, Fandi, dan Rudy. Pada atraksi ini diceritakan seorang gadis yang tidak punya keahlian beladiri, digoda oleh 2 orang laki-laki. Ia pun hanya bisa lari dan menangis pasrah. Namun setelah ikut pencak silat, ia dapat dengan mudah mengalahkan kedua laki-laki itu. Atraksi ini bertujuan memperagakan manfaat ikut pencak silat, dengan menggunakan teknik-teknik kuncian dan bantingan untuk mengalahkan musuh. Setelah atraksi drama selesai, disambung dengan atraksi NH 12 yang dibawakan oleh; Taufik, Yusuf, Fandi, Lina, Deltha, Novita, Tyok, dan Dina. Gerakan NH 12 ini diciptakan oleh bapak Eko Hariyanto. Gerakan ini memadukan unsur-unsur pasang, serangan, dan tangkisan. Atraksi NH 12 ini membentuk formasi huruf NH. Atraksi yang ketiga adalah jurus NH 36 yang diperagakan oleh Rudy, Amir, Haritsah, dan Beny. Jurus ini juga dikembangkan oleh bapak Eko Hariyanto, memadukan unsur-unsur pasang, tangkisan, serangan yang seluruhnya berjumlah 36 gerakan membentuk formasi huruf NH. Setelah NH 36 selesai, disusul dengan penampilan dari pasangan serasi Dina dan Tia yang memperagakan gerakan jurus NH Malang. Kedua gadis imut ini terlihat kompak dan mantab dalam setiap gerakan pasang maupun serang. Kemudian atraksi yang kelima adalah peragaan teknik kuncian, bantingan, dan guntingan yang dibawakan secara berpasangan dan bergantian. Pasangan 1: Lina-Deltha, pasangan 2: Dina-Tia, pasangan 3: Beny-Tyok, pasangan 4: Rudy-Taufik, dan pasangan 5: Haritsah-Yusuf. Diiringi alunan musik gamelan sunda dan bali, gerakan-gerakan yang diperagakan terlihat semakin indah mengikuti irama gamelan yang mendayu-dayu. Akhirnya sampai pada atraksi pamungkas yaitu jurus NH. Jurus NH merupakan jurus khas perguruan pencak silat Nur Harias. Dikembangkan oleh guru besar sekaligus pendiri IPS Nur Harias, Almarhum Bapak Ato’illah Iskandar. Jurus ini diperagakan oleh, Beny, Angga, Mas Adi, Mas Arul, Rudy, Haritsah, Achmad Syakir. Jurus yang ditampilkan cukup bervariasi. Ada jenis jurus hewan seperti, ular, harimau, kera, dan juga jurus menggunakan senjata clurit. Keahlian Syakir dalam memainkan senjata clurit, membuat maba tampak berdecak kagum. Selama atraksi demo berlangsung, mbak Lia, Ridho, dan Mukhid mendapatkan tugas menyebarkan brosur kepada mahasiswa baru. Sebanyak 300 brosur habis tersebar, maba pun antusias untuk membaca brosur yang dibagikan.

Tak terasa, penampilan atraksi demo UKM Nur Harias akan segera berakhir. Waktu penampilan 11 menit terasa berlalu dengan cepat. Dengan sigap Haritsah memberi isyarat kepada seluruh personel untuk membetuk formasi penutup. Dengan sekali isyarat Hiiit..!! teman-teman melakukan gerakan solo spell, kemudian Henisa sang pembawa bendera bergerak keluar dari barisan dan diikuti oleh teman-teman personel dibelakangnya. Yusuf dan Tyok membentangkan spanduk Nur Harias di belakang barisan. Para personel satu per satu berlari-lari kecil mengelilingi barisan maba sampai akhirnya meninggalkan lapangan A2. Dengan ucapan salam dan terimakasih, Hafiz selaku MC menutup seluruh rangkaian atraksi demo UKM IPS Nur Harias.

By Nukleon '10


7 komentar:

  1. Selamat dan Sukses ya... ^_^

    BalasHapus
  2. Kapan acara pengusian di bulan puasa. Salam ke p eko dan mas mul

    BalasHapus
  3. Kapan acara pengusian di bulan puasa. Salam ke p eko dan mas mul

    BalasHapus
  4. Kapan acara pengusian di bulan puasa. Salam ke p eko dan mas mul

    BalasHapus
  5. Kapan pengisian di bulan puasa. Salam ke p eko dan mas mul...

    BalasHapus
  6. mantap Betul sekali, makasih banyak

    Bagi yang memiliki online shop dan ingin membuat website toko online lengkap, desain menarik, gratis penyebaran, SEO, Backlink, agar usaha nya mudah ditemukan banyak pembeli di internet, sehingga bisa meningkatkan penjualan, klik ya : www.jasabuattokoonline.com

    Pusat Penjualan Hijab Jilbab Kerudung Terbaru harga termurah di Indonsia, Bisa Klik : www.jilbabterbaru.my.id

    BalasHapus
  7. ASSALAMUALAIKUM WR WB

    BalasHapus